Mengaktifkan Fitur Multi User/Guest Mode Android Lollipop Android One

Fitur multi user sebenarnya telah ada semenjak Android 4.2 Jelly Bean, tetapi hanya terbatas pada tablet saja (hanya tablet wifi /tanpa kemampuan telepon & sms). Kini, seiring mulai meluasnya jangkauan Android lima.X Lollipop, Google kembali menata ulang fitur multi user, nir hanya buat tablet, akan tetapi jua buat ponsel.

Iya, kini pengguna Android Lollipop bisa memakai fitur multi user, baik di tablet, maupun ponsel. Tunggu, apa itu fitur multi user di Android? Layaknya pada PC sob, kita bisa menambah user atau pengguna lain di ponsel atau tablet Android kita, menggunakan setting, pelaksanaan, dan hak yg tidak selaras tentunya dengan administrator (kita, sebagai pemilik ponsel atau tablet).
Memang apa gunanya fitur tadi? Gampangnya, multi user mampu kita pakai saat orang lain meminjam perangkat Android kita. Dengan mengaktifkan fitur multi user, orang lain bisa mengakses fitur-fitur tertentu pada perangkat Android kita, tetapi tidak dengan file dan isu personal kita. Jadi peminjam permanen bisa memakai Android tanpa bisa mengakses file dan berita personal sang pemilik.
Begitu juga dengan fitur guest mode, yang adalah bagian berdasarkan fitur multi user itu sendiri, bisa dimanfaatkan buat mengamankan data-data kita dari orang lain ketika ponsel atau tablet kita dipinjam. Bedanya, guest mode lebih cocok buat orang yg meminjam perangkat Android kita sementara waktu saja, (begitu kita beralih ke mode normal, seluruh data yang sudah dibuat sang oleh tamu/guest atau peminjam sanggup langsung dihapus). Untuk orang yang dipercaya, famili, buah hati, atau sobat dekat misalnya, kita bisa menggunakan fitur multi user buat jangka penggunaan yg lebih usang.

Multi User atau Guest Mode Android Lollipop secara Umum


Bagaimana cara mengaktifkan fitur multi user atau guest mode di Android Lollipop? Silakan ikuti langkah-langkah gampang ini dia.
  1. Swipe ke bawah bar notifikasi dengan dua jari buat membuka Quick Setting, ketuk avatar Anda (terletak pada kanan atas layar).
  2. Pilih Add guest buat menambahkan guest/mengaktifkan guest mode.
  3. Pilih Add user buat menambahkan user/mengaktifkan fitur multi user.
  4. Beberapa saat kemudian perangkat Android Anda akan masuk ke guest mode/multi user mode.
  5. Dalam beberapa perkara, Android akan otomatis soft reboot waktu menambah guest/user baru.
  6. Untuk kembali ke normal mode, ketuk avatar sekali lagi, lalu pilih avatar Anda. Beres.

Sebagai administrator atau pemilik perangkat Android, Anda mampu menggunakan leluasa menambahkan guest dan user baru, serta tentu saja menghapusnya (termasuk semua data yang dibentuk guest atau user) jika memang diperlukan.

Dibutuhkan bagaimana? Seperti halnya admin, setiap guest serta user juga bisa memasang aplikasi/game, memotret, merekam video, dsb. Semua itu niscaya akan memakan ruang di memori internal juga kartu sd kita sob (cek screenshot pada atas). Jadi ya jikalau memang dibutuhkan, kita sanggup menghapus data-data yang sudah dibentuk guest atau user tesebut.
  • Untuk menghapus guest, buka lagi Quick Setting, ketuk avatar, pilih Guest untuk masuk ke guest mode.
  • Buka Quick Setting lagi, ketuk avatar, kemudian pilih Remove guest.
  • Khusus buat menghapus user, masuk ke Setting Android Anda, Pilih User.
  • Ketuk ikon setting di samping avatar user yg akan dihapus, lalu pilih Remove user.
  • Untuk foto dan video yang dibuat oleh guest/user lain, Anda sanggup menghapusnya secara manual memakai aplikasi file manager/gallery.

Nah, itulah seklumit ulasan tentang cara mengaktifkan fitur guest mode atau multi user pada Android Lollipop. Bagaimana menggunakan Android One?

Multi User atau Guest Mode dalam Android One


Kenapa aku tidak menemukan fitur multi user/guest mode pada ponsel Android One? Secara default, fitur multi user/guest mode pada Android One (Mito Impact, Nexian Journey 1, dan Evercoss One X) memang tidak aktif sob. Agar sanggup aktif, Anda bisa mengedit build.prop Android One Anda menggunakan menggunakan aplikasi Root Explorer (harganya 50 ribuan, bisa dibeli gunakan pulsa). Bagaimana caranya? Simak cara mengaktifkan fitur multi user/guest mode pada ponsel Android One pada bawah ini (Do With Your Own Risk).
Pertama, ponsel Android One Anda wajib root, cek artikel cara gampang root Android One.
Download, install, serta jalankan Root Explorer.
Buka folder System kemudian cari arsip build.prop. Salin arsip tersebut lalu simpan salinannya di tempat yg aman (Sdcard contohnya).
Selanjutnya, tekan serta tahan file build.prop yg terdapat pada folder System, lalu pilih Open in Text Editor.

Pilih Yes buat mengaktifkan read-write. Tambahkan dua baris kode berikut di bagian paling akhir menurut arsip build.prop.
fw.max_users=3
fw.show_multiuserui=1


Selanjutnya, ketuk menu dan pilih Save and Exit.
Reboot Android One Anda.
Setelah reboot, Anda sanggup mengakses menu multi user dengan cara yang telah dibahas di awal artikel tersebut.
Selain Android One, cara mengaktifkan fitur multi user atau guest mode ini jua mampu diterapkan dalam ponsel Android Lollipop lainnya (yg secara default pula belum aktif), seperti Motorola Moto E, Moto G, Samsung Galaxy Note 3, Galaxy S4, S5, dan lain sebagainya. Meski begitu, semua resiko mampu saja terjadi sob, selalu backup data-data penting dan jua ROM Android Anda sebelum mengikuti tutorial pada atas, DWYOR.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION