Streaming Video dari Android ke Windows Media Player PC DLNA

Apa itu steaming video? Sebenarnya streaming video bukanlah kata baru, sudah acapkali kita lakukan walau belum terlalu paham merupakan, nonton video YouTube misalnya. Saat nonton video pribadi dari YouTube, kita tidak perlu mengunduh arsip videonya secara utuh kemudian baru diputar. YouTube akan "mengalirkan" file video tadi secara bertahap dan berkesinambungan sehingga bisa diputar meski belum seluruh bagian filenya terunduh. Nah, itulah yg diklaim streaming video.

Dulu Craft JT pernah mengulas mengenai bagaimana cara streaming video yang ada di PC menggunakan perangkat Android. Berdasarkan artikel tersebut, kita mampu nonton video yang tersimpan di harddisk PC menggunakan perangkat Android, tanpa perlu copy arsip videonya terlebih dahulu. Kali ini, Craft JT akan membahas sebaliknya: Streaming video yang tersimpan pada (memori internal/sdcard) Android menggunakan Windows Media Player yg ada di PC.
Buat apa streaming video berdasarkan Android ke Windows? Pertama, bila layar Android Anda mini , menonton video beserta teman-sahabat Anda di layar PC yang lebih besar tentu lebih seru. Kedua, Anda tidak perlu repot transfer file video menurut Android ke PC (langsung mampu nonton). Ketiga, solusi buat Anda yang ingin mencicipi fitur Chromecast tanpa harus membelinya.

Sebagai isu tambahan, streaming video dari Android ke PC ini murni memanfaatkan WiFi serta nir membutuhkan koneksi internet sama sekali sob.
Bagaimana caranya? Simak cara streaming video menurut Android ke Windows Media Player PC ini dia.
Pertama, siapkan alat dan bahan berikut.
  • Ponsel atau tablet Android (menggunakan arsip video).
  • Aplikasi LocalCast.
  • PC atau laptop Windows 7 - 10 dengan Windows Media Player 12.
  • WiFi

Kedua, pastikan perangkat Android dan PC Anda sudah terhubung pada satu jaringan WiFi yg sama.
Ketiga, lanjut bacanya sob.
Di PC
Jalankan Windows Media Player, buka menu Stream lalu aktifkan Allow remote control of my Player.

Di Android
Buka pelaksanaan LocalCast, ketuk tombol pada kanan bawah layar > ketuk tombol Change > lalu aktifkan DLNA Renderers (e.G. SmartTVs, Sonos, Xbox and much more) > pilih OK buat konfirmasi.

Tunggu beberapa ketika sampai Windows Media Player ada pada daftar Available devices, kemudian pilih perangkat tadi (umumnya namanya Microsoft Corporation.. diikuti alamat IP pada bawahnya).

Cari video koleksi Anda melalui explorer yg tersedia di LocalCast serta mainkan (mampu pula dicari menurut menu > Library > Videos).
Secara otomatis, video tersebut akan dimainkan di Window Media Player (bukan pada Android). Lebih lanjut, Anda sanggup memanfaatkan tombol-tombol multimedia (play, pause, dsb) yang tersedia pada aplikasi LocalCast buat mengendalikan video yang sedang dimainkan di Windows Media Player.

Selain video, Anda pula bisa menampilkan foto dan musik (mp3) yang tersimpan di memori Android Anda ke layar monitor PC Windows dengan menggunakan pelaksanaan LocalCast (caranya tidak jauh beda dengan bahasan di atas). Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION