Menampilkan Notifikasi Android di Layar Monitor PC atau Laptop

Ketika sedang asyik mengetik pada depan layar PC atau laptop, tiba-tiba ponsel Anda bersuara. Secara reflek Anda akan bergegas mengambil ponsel tersebut, membuka kunci layarnya, dan melihat notifikasinya. Saat pulang ke layar PC atau laptop untuk mulai mengetik lagi, Anda mulai lupa menggunakan ilham-wangsit yg tadinya telah siap dituangkan dalam ketikan :D Cukup menggangu bukan?

Memang tidak semua notifikasi yg muncul di ponsel Android itu krusial, tapi telah tentu kita selalu penasaran saat menerima notifikasi (bawaannya buru-buru cek hape pas terdapat suara notif). Nah, agar kita tidak kerepotan harus beralih menurut layar PC ke layar ponsel tiap ada notifikasi, kenapa tidak kita tampilkan saja notifikasi yg muncul di ponsel Android eksklusif di layar PC atau laptop kita? Memangnya sanggup? Bisa sob!
Untuk menampilkan notifikasi berdasarkan ponsel Android ke layar PC atau laptop, setidaknya Anda membutuhkan perangkat (ponsel atau tablet) yg berjalan menggunakan Android 4.1 ke atas dan tentu saja seperangkat PC atau laptop dengan browser Google Chrome (mampu juga gunakan Firefox, akan tetapi buat artikel kali ini, saya memakai Chrome).
Selanjutnya, silakan pasang serta jalankan aplikasi Pushbullet di ponsel Android, lalu sign in menggunakan akun Google Anda.

Berikutnya, ikuti instruksi yg ada di layar untuk mengaktifkan notification mirroring service berdasarkan Pushbullet.

Di PC atau laptop, silakan install ekstensi Pushbullet melalui Chrome Webstore. Klik ikon Pushbullet serta sign in/sign up menggunakan akun Google Anda (pastikan Anda memakai akun Google yg sama menggunakan akun yang Anda pakai di Android).

Sebagai percobaan, tuju Setting Mirroring pada aplikasi Pushbullet di Android, kemudian ketuk Send a test notification.

Bila notifikasi tadi tampil di layar PC atau laptop Anda, berati Pushbullet sudah siap digunakan.

Sampai pada sini, notifikasi yang ada di Android Anda akan otomatis muncul di layar PC atau laptop Anda (sepanjang Android serta PC/laptop Anda terhubung ke internet). Jadi kini Anda tak perlu repot-repot buka kunci layar hape untuk melihat notifikasi yg (terkadang) kurang krusial tadi, contohnya seperti ini :D

Tunggu, bagaimana bila kita menerima pesan dari WhatsApp dan aplikasi perpesanan instant lainnya? Gampang sob, tiap ada pesan masuk, akan muncul opsi Reply pada notifikasi Pusbullet yg tampil pada layar personal komputer Anda (ketika ini hanya spesifik Android 4.4 ke atas), misalnya seperti ini.

Klik Reply dan tulis pesan balasan Anda, kemudian tekan Enter untuk mengirim pesan, mudah :)

Lebih lanjut tentang fitur-fitur Pushbullet lainnya, silakan dicoba sendiri :D

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION