Menyalin Teks dari File JPG PNG GIF atau PDF dengan Google Drive

Ada kalanya saat mencari surat keterangan buat keperluan eksklusif (bikin makalah, skripsi, tesis, dsb.), kita menemukan dokumen menggunakan format yg kurang bersahabat. Misalnya saja dokumen hasil scan berformat JPG, PNG atau GIF, yg tentu saja teksnya nir bisa (eksklusif) disalin. Bisa pula kita ketemu dengan arsip PDF, yang ternyata diproteksi, tidak bisa dikopas isinya.

Solusi umumnya, kita bisa mengetik ulang teks-teks yang diperlukan menjadi bahan tulisan kita. Untuk beberapa kalimat, mengetik ulang cita rasanya bukanlah masalah, namun jika kita harus menyalin seluruh teks menurut dokumen-dokumen yang tidak bisa pada-copy paste tadi (berlembar-lembar teks, beratus-ratus paragraf), mampu keriting ini jari sob :D
Adakah solusi yg lebih baik berdasarkan mengetik ulang? Tentu saja ada. Pernah mendengar atau membaca tentang OCR? Apa itu OCR? OCR adalah singkatan berdasarkan Optical Character Recognition. Singkatnya, kita bisa memanfaatkan teknologi OCR buat mengkonversi teks yg tertera pada gambar atau foto (pula PDF) sebagai teks yg bisa disalin tempel dan diedit.
Di mana serta bagaimana kita mampu menggunakan teknologi OCR? Seperti yg tercantum pada judul, kita sanggup memakai teknologi OCR yg telah usang tertanam pada Google Drive. Telah lama ? Iya sob, sudah relatif lama teknologi OCR ini terdapat pada Google Drive, tapi belum lama ini, Google sudah meng-upgrade Google Drive menggunakan teknologi OCR modern yang mampu menangani lebih menurut 200 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Aceh, Sunda, Jawa, Madura, Bali, Batak, Gayo, dan Minangkabau.
Nah, apabila Anda sedang meneliti bahasa misalnya, lalu menemukan literatur pada bahasa daerah atau bahasa asing yang kurang Anda mengerti serta kebetulan tidak mampu diedit eksklusif (hasil scan), teknologi OCR menurut Google Drive ini tentu sangat membantu dan bisa diandalkan.
Lalu bagaimana cara menyalin teks berdasarkan gambar, foto menggunakan format JPG, PNG, GIF, atau dokumen PDF yang tidak bisa dikopas? Lanjut bacanya sob.
Pertama, siapkan file gambar, foto, atau PDF yg mengandung teks (bisa berdasarkan hasil scan, kamera, atau nemu pada internet). Pastikan teks pada pada arsip tadi tidak bisa disalin sob, kalau ternyata bisa, tak perlu pakai OCR segala :D
Selanjutnya, upload file tersebut ke Google Drive. Dalam tutorial ini saya mengunggah file PNG hasil scan yg terdiri berdasarkan beberapa paragraf pada bahasa Jawa.

Klik kanan arsip hasil unggahan pada Google Drive tadi, kemudian pilih Open with > Google Docs.

Tunggu beberapa waktu, kemudian sebuah dokumen baru akan terbuka di Google Docs. Nah, di dokumen tersebut kita bisa memperoleh teks hasil konversi berdasarkan arsip gambar PNG tadi.

Mudah sekali bukan? Bukaaan :D
Belum terselesaikan sob, silakan teliti terlebih dahulu teks output konversi tersebut, karena kemungkinan besar terdapat beberapa kesalahan yg wajib dikoreksi.
Sip, sehabis itu kita mampu mengedit teks sesuai keperluan di Google Docs (atau sanggup disalin tempel ke aplikasi lain, Office Word contohnya).
Sebagai tambahan, tidak semua file (terutama gambar atau foto) bisa dikonversi teksnya dengan teknologi OCR menurut Google Drive ini. Untuk mendapatkan output terbaik, file yang Anda unggah harus memenuhi beberapa syarat ini dia.
  • Gunakan file gambar atau foto yang berkualitas baik (dengan resolusi tinggi), arsip menggunakan resolusi rendah umumnya tidak terbaca oleh teknologi OCR.
  • Jangan memakai gambar atau foto dengan teks yang miring. Edit terlebih dahulu file Anda sebelum diunggah pada Google Drive buat keperluan OCR.
  • File gambar atau PDF pada atas 2MB nir mampu dikonversi secara keseluruhan (ada bagian yg tidak dikonversi). Jadi pastikan arsip yg Anda unggah tidak lebih berdasarkan 2MB. Apabila terpaksa lebih menurut 2MB, bagi file tadi sebagai beberapa bagian sebelum diunggah.

Ok, selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION