Cara Memasang Sistem Komentar Google Plus di Blogger

Mengikuti jejak Facebook (yg sudah terlebih dahulu meluncurkan sistem komentar buat web secara umum), Google akhirnya merilis sistem komentar Google Plus (Google Plus Comment) buat blog Blogger/blogspot (ke depannya mungkin akan tersedia buat platform web secara umum). Selain lebih sosial (terintegrasi langsung menggunakan Google Plus), sistem komentar Google Plus terlihat lebih keren serta eksklusif menurut sistem komentar bawaan Blogger yang telah lama kita kenal sebelumnya.


Sayangnya, tidak semua blog bisa dipasangi sistem komentar Google Plus dengan gampang, terutama buat blog yang templatenya telah dimodifikasi sedemikan rupa. Bagaimana cara mengaktifkan Google Plus Comment pada Blogger? Silakan ikuti ulasan berikut.

Apa itu Google Plus Comment?


Seperti yg sudah disinggung di atas, Google Plus Comment adalah sistem komentar baru yang diluncurkan Google sebagai cara lain buat sistem komentar Blogger yg sudah ada sebelumnya. Google Plus Comment ini bersifat opsional, jadi Google masih memberikan pilihan dalam kita (pengguna blog Blogger) buat memakai Google Plus Comment atau tetap bertahan menggunakan sistem komentar bawaan Blogger.

Fitur-fitur Google Plus Comment


Tampilan yg keren - Google Plus Comment hadir dengan tampilan yang higienis serta rapi, serta sanggup dikatakan lebih keren dari sistem komentar bawaan Blogger.

Komentar yg sebelumnya telah diposting tidak akan hilang - Anda nir perlu risi akan kehilangan komentar usang apabila beralih ke Google Plus Comment. Komentar-komentar yang sebelumnya diposting memakai sistem komentar bawaan Blogger akan diimport langsung ke Google Plus Comment.

Memantau semua komentar mengenai artikel blog Anda pada satu tempat - Google Plus Comment bisa mengumpulkan semua komentar yg dialamatkan pada artikel blog Anda pada satu tempat. Misalnya apabila terdapat pengguna Google Plus yg membagikan link artikel Anda pada Google Plus, lalu link tadi dikomentari orang lain, maka seluruh komentar tadi akan tampil di Google Plus Comment di blog Anda.

Memberikan pilihan buat berkomentar secara publik juga privat - Sebelum memberikan komentar pada Google Plus Comment, Anda akan diberi pilihan buat memilih siapa saja yg sanggup melihat komentar Anda tersebut, persis misalnya waktu kita menggunakan Google Plus.

Kemudahan dalam melihat/membaca komentar - Pembaca blog Anda akan dimudahkan dengan adanya pilihan buat mengurutkan komentar dari rating komentar serta ketika komentar.

Cara Memasang Google Plus Comment pada Blogger


Pertama-tama, Anda wajib menghubungkan blog Anda menggunakan akun Google Plus menggunakan mengunjungi tab pengaturan Google Plus pada Dasboard Blogger. Setelah itu, beri indikasi centang dalam "Use Google+ Comments on this blog".


Nah, sekarang blog Anda telah terintegrasi dengan sistem komenter Google Plus. Semudah itu. Tetapi jika kotak Google Plus Comment nir ada, mungkin template blog Anda telah mengalami modifikasi yg mengakibatkan hilangnya beberapa deret kode tertentu. Oleh karena itu, silakan ikuti tutorial berikut.

Masuk ke halaman Edit Template. Backup template Anda.
Cari kode berikut dan klik pertanda ‘►’ di sebelah kiri buat membuka kode lanjutannya.

(Bila belum ada) Letakkan kode Google Plus Comment berikut sempurna pada bawah kode di atas.


   
   
   
     
   

Simpan template Anda.
Bila masih belum muncul pula atau kode pada atas telah ada dalam template Anda, silakan cari kode di bawah ini.
Kurang lebih, nantinya Anda akan menemukan kode ini dia.


     
   
     
   


     
   
     
   


Kemudian ganti kode yang ditandai pada atas menggunakan kode berikut ini.
Jangan lupa buat menyimpan pulang template Anda.
Masih belum berhasil juga? Tenang.. Damai, cari kode ini

Kemudian letakkan kode yg saya dapat dari Google+ Comments FAQs ini dia sempurna di bawah kode tersebut pada atas.
expr:data-href='data:post.canonicalUrl'
expr:data-viewtype='data:post.viewType'/>

Simpan kembali template Anda.
UPDATE 21/04/2013: Pihak Blogger rupanya mengupdate template (menambahkan kode) secara bertahap (nir bersamaan). Hal tersebut terbukti menggunakan keluarnya kode-kode baru dalam template blog ini (serta jua beberapa blog saya yang lain). Untuk template-template yg telah diedit secara ekstrim, cara-cara di atas mungkin belum relatif untuk memunculkan kotak komentar Google Plus. Untuk itu, silakan coba cara lanjutan berikut.

Cara ini bisa diterapkan pada seluruh jenis template Blogger/blogspot maupun website secara generik (selengkapnya dapat dibaca di sini). Jadi gunakan hanya jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil mengaktifkan komentar Google+ pada template Anda. 

Temukan kode berikut di template Anda

Kode lengkapnya sekitar seperti ini.

   

       
         
       
   

   

 

           
         

       

Bila Anda menemukan dua buah kode yang serupa, pilih yg kedua (terbawah). Selanjutnya sisipkan kode yg berwarna merah pada bawah ini, sebagai akibatnya susunannya menjadi seperti berikut.


   

       
         
       
   

   

 

           
         
       
   
    href: window.location,
    width: '575',
    first_party_property: 'BLOGGER',
    view_type: 'FILTERED_POSTMOD'
    );
   
    href: window.location,
    width: '575',
    first_party_property: 'BLOGGER',
    view_type: 'FILTERED_POSTMOD'
    );
       
       
Untuk menyesuaikan lebar kotak komentar Google Plus, ganti nomor 575 (dalam pixel) pada kode di atas. Simpan template Anda.
Selanjutnya, Anda dapat melihat live demo berdasarkan penerapan sistem komentar Google Plus pada blog Membebaskan. Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION