10 Fenomena Luar Angkasa yang Terjadi Selama Tahun 2012

Di tahun 2018 ini, banyak terjadi aneka macam kenyataan luar angkasa, baik yang terjadi secara alami, output penelitian para ahli, juga momen spesifik yang berhubungan dengan luar angkasa. Berikut ini kami sajikan 10 kenyataan luar angkasa yg terjadi selama tahun 2018.


1. Fenomena Supermoon

Pada bulan Mei, bulan purnama sedang pada posisi terdekat dengan bumi, sebagai akibatnya menimbulkan kenyataan astronomi yang disebut supermoon. Saat terjadi supermoon, ukuran bulan lebih besar 14% serta lebih terang 30% dari bulan purnama pada umumnya (dicermati menurut bumi).


2. Triathlon Pertama pada Luar Angkasa

Sunita Williams, keliru satu astronot NASA, merampungkan triathlon pertama yang dilakukan di luar angkasa. Ia berlari, bersepeda, dan berenang pada luar angkasa pada saat yg bersamaan menggunakan triathlon yang dilakukan oleh para atlet pada Nautica Malibu, California Selatan, September kemudian.


3. NASA Menemukan 26 Planet Baru pada 11 Tata Surya

Januari kemudian, NASA mengumumkan adanya 11 rapikan surya dengan 26 planet baru yg ditemukan menggunakan teleskop Kepler. Rata-rata planet yang ditemukan tersebut beradius antara satu setengah kali radius bumi hingga seukuran planet Jupiter.


4. Nyanyian Bumi pada Luar Angkasa

Satelit Storm Probe menangkap gelombang radio berdasarkan orbit Van Allen. Secara teknis, kita tidak dapat mendengar bunyi pada luar angkasa, tapi sehabis gelombang radio tadi dirender, kita dapat mendengarkannya. Sekilas suara "nyanyian" Bumi tersebut mirip menggunakan suara ikan paus.


5. Perjalanan Pesawat Ulang Alik Endeavour pada Jalanan LA

Dengan ditarik sang mobil Toyota Tundra, pesawat ulang alik Endeavour menempuh bepergian sepanjang kurang lebih 19 kilometer menuju museum California Science Center melewati jalanan di kota Los Angeles. Momen tersebut disaksikan oleh para warga lebih kurang dan sebagai tontonan langka yg sangat menarik perhatian.



6. SpaceX Dragon dan Stasiun Luar Angkasa Internasional

SpaceX, sebuah agensi bepergian luar angkasa menerima persetujuan dari NASA buat mengirimkan 20 ton suplai kebutuhan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS: International Space Station). Misi pengiriman barang memakai SpaceX Dragon tadi merupakan langkah awal dari perjalanan komersial ke luar angkasa buat warga sipil.


7. Lompatan Luar Angkasa Felix Baumgartner

Felix Baumgartner, seorang stuntman, melakukan lompatan fenomenal dari ketinggian 128.100 kaki di luar angkasa Oktober kemarin. Ia mencatat rekor dunia untuk lompatan tertinggi (128,100 kaki), rekor jatuh bebas denga jarak terpanjang (119.846 kaki), serta rekor kecepatan vertikal maksimum (833.9 mph). Selain itu, Felix Baumgartner juga memecahkan rekor Youtube untuk siaran video eksklusif terbanyak yang ditonton secara beserta-sama.


8. Pandangan Terjauh ke Luar Angkasa 

Teleskop luar angkasa Huble menangkap pandangan terjauh ke luar angkasa. Pandangan tersebut diabadikan dalam sebuah foto yg berjudul eXtreme Deep Field, yang menggambarkan ribuan galaksi yg berjarak miliaran tahun cahaya menurut bumi. Foto tadi merupakan adonan berdasarkan pandangan teleskop Huble yang diambil selama 10 tahun.

Bayangkan saja, cahaya-cahaya yg nampak pada foto ini tiba menurut planet atau bintang yang saat ini sudah menghilang atau musnah, betapa jauhnya.


9. Neil Armstrong Meninggal Dunia

Pada bulan Agustus, insan pertama yg mendarat di bulan, Neil Amstrong, mangkat dunia pada usia 82 tahun sesudah terjadi komplikasi saat operasi jantung.

Pada lepas 20 Juli 1969, Neil Amstrong mencatat sejarah baru umat manusia dengan mendarat pada bulan dan mengatakan, "That’s one small step for man, one giant leap for mankind."


10. Curiosity Rover Mendarat pada Planet Mars

Setelah mendarat pada permukaan planet Mars pada lepas lima Agustus kemudian, Curiosity menemukan sebuah kanal antik yang diperkirakan pernah dialiri air, mengumpulkan sampel batuan Mars, merogoh foto, dan cek in Forsquare pada Mars.

Misi Curiosity direncanakan akan berlangsung selama 23 bulan, dan sampai ketika ini, masih tersisa 20 bulan lagi buat menjelajahi Mars.


via Mashable

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION