Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM Pada PC Atau Laptop


RAM (Random Access Memory) adalah keliru satu komponen penting yang masih ada pada PC atau Laptop, yaitu sebagai memory/tempat penyimpanan sementara pada waktu personal komputer dijalankan dan dapat diakses secara rambang (secara acak). RAM berfungsi buat mempertinggi kecepatan serta ketenangan waktu mengunakan laptop atau PC. Semakin besar RAM yang dimiliki maka semakin cepat kinerja suatu laptop atau personal komputer .
Memory Ram berbeda dari memory hardisk. RAM hanya mampu menyimpan data ad interim, sedangkan hardisk lebih bersifat permanen dalam menyimpan data. Sehingga apabila kita mematikan komputer maka data yg ada dalam RAM secara otomatis akan ikut hilang.

Keberadaan RAM sangat membantu CPU pada mencari data secara random buat di proses. Jadi, menggunakan RAM maka sobat akan sanggup menyimpan seluruh data serta instruksi sementara, baik itu data berdasarkan jalannya sistem Windows, aplikasi yang sedang terbuka, dan lain-lain.


Namun perlu sobat ketahui bahwa terkadang RAM itu sendiri nir bisa bekerja secara optimal disebabkan beberapa faktor, seperti perkara dalam versi OS, kasus dalam perangkat keras/hardware, banyaknya pelaksanaan yg terbuka serta lain sebagainya. DanJika sobat telah merasa kinerja pc mulai berkurang dan terlihat semakin berat, maka nir terdapat salahnya buat mencoba beberapa cara buat mengoptimalkan kinerja RAM PC.


Bagaimana Cara Mengoptimalkan RAM ?


Sebenarnya terdapat banyak cara untuk mengoptimalkan RAM pada laptop atau pc, antara lain bisa dilakukan menggunakan cara berikut :



Dengan memakai Resource Monitor pada Task Manager



Task manager merupakan sebuah aplikasi bawaan menurut sistem operasi Windows yang bisa kita jumpai dalam PC atau laptop. Dari task manager ini, sobat bisa memonitor aplikasi apa saja yg terlalu memakan banyak resource menurut RAM sobat. Sehingga sobat mampu mematikan proses berdasarkan pelaksanaan yang memang nir penting dan tidak diharapkan.

Untuk membuka serta mematikan pelaksanaan pada Task Manager bisa dilakukan dengan cara ctrl+shift+esc Atau sanggup pula dengan cara klik kanan pada tombol show hidden icons yang masih ada pada taskbar (umumnya berbentuk pertanda " ^ ") > Pilih Task Manager.



Dengan Menggunakan ReadyBoost pada Flashdisk


ReadyBoost adalah cara buat menambah kapasitas menggunakan menggunakan flashdisk. Microsoft memberikan fitur ReadyBoost yg memungkinkan sobat untuk menambah memory impian berdasarkan flashdisk menjadi ganti RAM. Meskipun pengaruhnya tidak begitu akbar, buat beberapa masalah cara ini mampu meningkatkan saat load hingga 75%. Sobat akan banyak mendapatkan pengaruh apabila menggunakan komputer menggunakan RAM kecil, misalnya 2GB atau kurang. Adapun syarat standart USB buat bisa digunakan sebagai ReadyBoost merupakan menjadi berikut :
  • 256 MB berdasarkan memory
  • waktu akses dari 1 milidetik atau kurang
  • kecepatan membaca sebesar 2.lima MB per dtk buat membaca setiap 4KB
  • kecepatan menulis sebanyak 1.75 MB per dtk buat  menulis setiap 512KB

Untuk mempercepat RAM dalam Windows dengan ReadyBoost,bisa dilakukan dengan memasang sebuah flashdisk pada PC kemudian mengklik kanan USB drive > klik Properties > klik tab ReadyBoost > pilih Use this device serta pakai slider buat mengatur besar memory virtual yg digunakan. Apabila USB drive sobat memakai format FAT32 maka sobat bisa memperoleh memory virtual sebesar 4GB, tapi jika sobat memakai NTFS maka sobat akan memperoleh memory impian sebesar 32GB.


Dengan Menggunakan Software



Belakangan ini, poly dari kalangan penghasil pelaksanaan/aplikasi yg menciptakan suatu software utiliti yang dapat menaikkan semaksimal mungkin suatu kinerja komputer supaya bisa dipakai dengan lebih nyaman dan kondusif. Diantara perangkat lunak yg saya pakai buat menaikkan kinerja RAM personal komputer artinya aplikasi eBoostr. 

Banyak yang bilang bahwa software ini bisa menambahkan kapasitas RAM, menggunakan memanfaatkan ruang yang tersisa dalam hardisk juga Flashdisk. eBoostr sendiri merupakan utility yang dapat dipakai buat memantau kinerja RAM PC kita serta mampu digunakan untuk menambah kapasitas RAM menggunakan flashdisk/memory card. Untuk lebih lengkapnya tentang aplikasi eBoostr ini dapat sobat dibaca [
 disini].

Dengan Melakukan Upgrade RAM


Jika komputer sobat menggunakan spek RAM yang terlalu mini , sepertinya percuma saja apabila optimasi dilakukan. Hal ini ditimbulkan komputer yg terdapat sekarang ini telah menggunakan software canggih seperti windows yg telah melakukan update serta requirement memori lebih besar dan lain-lain.

Nah, buat cara yg satu ini merupakan cara yg paling ampuh, yaitu menggunakan mengupgrade atau menambah kapasitas RAM. Harga RAM komputer atau laptop waktu ini terbilang cukup murah. Upgrade-lah RAM sobat menggunakan kapasitas minimal 4 GB jika sekedar hanya dipakai buat melakukan suatu pekerjaan kantoran ataupun desain/editing. Dan bila sobat memakai komputer buat bermain game, maka upgrade-lah sampai 6 atau 8 GB.


Itulah beberapa tips mengenai cara mengoptimalkan kinerja RAM pada PC atau Laptop. Semoga dapat berguna bagi sobat.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION