Cara Mudah Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Ah, bukannya mudah ya ngambil screenshot Android? Iya, gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob :D Untuk Anda yang telah akrab dengan Android, mengambil gambar atau foto layar ponsel atau tablet Android bukanlah hal yg susah. Di sisi lain, bagi yg baru kenalan menggunakan Android, cara ambil screenshot bisa jadi sebuah misteri yg belum terpecahkan.
Sebelumnya, apa sih screenshot itu? Screenshot (dianggap juga screen capture, snapshot) merupakan gambar/foto yg diambil menurut layar, dalam konteks ini layar perangkat Android.
Lalu apa gunanya mengambil screenshot? Kalau ini niscaya telah dalam tahu, dalam umumnya screenshot diambil buat sekedar dibagikan di media umum (dengan banyak sekali alasan tentunya). Selain itu, screenshot jua berguna untuk mengabadikan momen tertentu yang dipercaya penting (contohnya screenshot residu pulsa :D).
Untuk para penulis atau blogger yg suka menulis tutorial mengenai gadget, pelaksanaan, sistem operasi, dsb. Screenshot tentu menjadi media penjelas yg sifarnya wajib (lantaran gambar/foto tak jarang lebih gampang dipahami daripada sekedar kata-istilah).
Selanjutnya bagaimana cara mengambil screenshot pada perangkat Android? Ada poly cara sob, tergantung dari versi Android dan merk perangkatnya. Silakan gunakan salah satu cara screenshot Android di bawah ini, apabila cara pertama tidak berhasil, coba cara ke 2 serta seterusnya.

1. Semua Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke Atas


Ini adalah cara screenshot Android yang paling generik (buat perangkat Nexus dan Android One). Cara ini umumnya berlaku (juga) buat semua perangkat Android ICS, Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop (atau yg lebih baru lagi), termasuk smartphone Android dari Nokia (seperti Nokia X dan Nokia XL).

Tekan dan tahan tombol power dan volume down (-) secara bersamaan sampai terdengar suara kamera. Setelah itu akan timbul notifikasi yg menyatakan bahwa screenshot telah berhasil diambil, tap notifikasi tersebut buat melihatnya. Anda jua bisa melihat output screenshot melalui pelaksanaan gallery atau file manager (umumnya tersimpan di folder 'Screenshots').

2. Samsung dan HTC


Berbeda menggunakan Android kebanyakan, perangkat Android Samsung biasanya memiliki tombol home fisik. Hal tersebut ternyata juga sebagai pembeda buat cara pengambilan screenshotnya. Untuk Anda pengguna ponsel atau tablet dari Samsung dengan Android 4.0 ke atas (jua beberapa Android HTC), silakan gunakan cara ini.
Tekan dan tahan tombol power dan home secara bersamaan hingga terdengar suara kamera. Selebihnya sama menggunakan cara pertama.

Untuk Android Samsung sebelum ICS (Gingerbread ke bawah), cara tersebut juga sanggup dipakai. Jika tak berhasil, silakan coba tekan serta tahan tombol power dan back secara bersamaan, atau tekan dan tahan tombol tombol back kemudian tekan tombol home sebesar dua kali.
Pada beberapa Android HTC, apabila cara di atas tidak berhasil, silakan tekan serta tahan tombol power terlebih dahulu, lalu baru tekan tombol home.

3. Sony Xperia serta CyanogenMod


Pada beberapa Android besutan Sony (terutama seri Xperia lama ) dan pula perangkat Android yg memakai custom ROM CyanogenMod, cara screenshotnya mampu dikatakan lebih gampang daripada 2 cara sebelumnya. Cukup tekan serta tahan tombol power untuk memuncukan power menu, lalu pilih Take screenshot (Screenshot).

Jika nir terdapat pilihan Take screenshot, Anda sanggup memakai cara pertama (kombinasi tombol power dan volume down) buat mengambil screenshot pada Android Sony Xperia dan CyanogenMod.
_________
Apa? Tak satu pun cara screenshot pada atas berhasil? Silakan dicoba kembali. Pastikan jari-jari Anda menekan tombol yg sahih serta benar-benar bersamaan, sob :)
Masih belum berhasil? Bila Android Anda belum memiliki akses root, silakan coba pelaksanaan No Root Screenshot It, atau Screenshot It buat Android yg sudah diroot. Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION